ANALISIS PROGRAM PEMBANGUNAN DI LAMPUNG



ARTIKEL PROGRAM PEMBANGUNAN DI LAMPUNG
( Tugas Pengembangan Masyarakat )



Oleh:

Fanya Alfacia Arafat              1314071022
Riyan Wahyudi                       1314071048


1.jpg



JURUSAN TEKNIK PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2015
PROGRAM PENYEHATAN AIR DAN SANITASI DI LAMPUNG

CAWAGEH.COM, BANDAR LAMPUNG – Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengharapkan peran serta masyarakat dalam mencapai 4 target penyehatan air dan sanitasi dasar di provinsi Lampung. Hal ini diungkapkan dalam rilis yang cawageh terima (22/03/2015) dari dinas kesehatan dalam menyambut hari air sedunia tanggal 22 Maret 2015.
Dikatakan dalam rilis tersebut, kebiasaan buang air besar (BAB) di jamban sehat dan cuci tangan pakai sabun harus terus dibiasakan dari kecil. Peran dunia usaha & organisasi masyarakat yang selama ini telah membantu perlu terus dijaga “keberlanjutannya” agar masyarakat Lampung sehat, maju & sejahtera
Program penyediaan air bersih & sarana sanitasi dilaksanakan secara lintas sektor di provinsi Lampung dimana Dinas Kesehatan bertanggung jawab atas pengawasan kualitas air dan penyuluhan kesehatan yang bertujuan menurunkan/meminimalisasi/menekan faktor resiko lingkungan guna menurunkan angka kesakitan yang disebabkan & ditularkan melalui air sehingga masyarakat terlindungi dari gangguan kesehatan & kejadian penyakit yang ditularkan melalui air.
Potret kesehatan di tahun 2014 untuk penyehatan air & sanitasi dasar di provinsi Lampung didapatkan bahwa perilaku penduduk yang menggunakan jamban sehat adalah 60,8%. Kualitas air minum yang memenuhi syarat adalah 45,8 % & akses penduduk terhadap air minum yang berkualitas 62,5% serta perilaku cuci tangan pakai sabun sebesar 63,9% dimana keempat indikator tersebut masih di bawah target yang diharapkan.
Hari Air Dunia (World Water Day) pertama kali dicetuskan pada konferensi PBB tentang lingkungan & pembangunan tahun 1992. Selanjutnya PBB menyetujui & mengesahkan bahwa tanggal 22 Maret setiap tahun diperingati sebagai Hari Air Dunia.
Tema peringatan Hari Air Dunia tahun ini adalah “Water & Sustainable Development” atau “Air & Pembangunan Berkelanjutan“, ini menyoroti pentingnya air dalam agenda pembangunan berkelanjutan.
Air memegang peranan dalam pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi & kelestarian lingkungan. Air memberikan kontribusi dalam ketahanan pangan & energi, kesehatan masyarakat & lingkungan serta mata pencaharian penduduk bumi.
Air sangat penting bagi kesehatan manusia. Tubuh manusia dapat bertahan berminggu-minggu tanpa makanan tetapi hanya hitungan hari manusia dapat hidup tanpa air. Air sangat penting bagi kelangsungan hidup. Namun air juga bisa membuat manusia tidak sehat manakala air menjadi media pengantar penyakit dan mengkonsumsi air yang tercemar.



PEMBAHASAN

Kaitan Program Penyehatan Air Dan Sanitasi Di Lampung dengan Tipologi pengembangan masyarakat yaitu:
Program di atas berhubungan dengan tipologi partisipasi masyarakat dalam hal pemberian informasi, informasi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat tentang pentingnya air bersih untuk kehidupan sehingga program ini dapat berjalan dengan baik. Program penyehatan air dan sanitasi lingkungan bertujuan agar masyarakat dapat memahami pentingnya air bersih dalam kehidupan, dengan adanya air bersih kehidupan masyarakat akan lebih sehat, maju dan sejahtera.
Namun pada saat ini peran masyarakat pada program tersebut masih kurang, ini terlihat dari data perilaku kesehatan dalam beberapa indikator yang masih di bawah standar, penduduk yang menggunakan jamban sehat adalah 60,8%. Kualitas air minum yang memenuhi syarat adalah 45,8 % & akses penduduk terhadap air minum yang berkualitas 62,5% serta perilaku cuci tangan pakai sabun sebesar 63,9%.
Sehingga Program ini masuk ke dalam tipologi partisipasi masyarakat yaitu Pemberian informasi. Untuk pemberian informasi yang dilakaukan masyarakat sudah mulai baik, namun kesadaran diri akan kesehatan dan pentingnya air bersih masiih perlu adanya informasi dan konsultasi lebih lanjut dari pemerintah kepada masyarakat, serta peran masyarakat yang aktif agar program tersebut berjalan dengan lancar.

Comments

Popular posts from this blog

ALAT PENGOLAHAN TANAH SEKUNDER (GARU PIRING)

PENDIDIKAN ORANG DEWASA